Winongan _ Banjir bandang kembali landa kawasan Winongan. Banjir kali ini menimpa tiga desa dikawasan Winongan. Sabtu, 27 Januari 2024 tepat pukul 16.30 Banjir melanda tiga desa yakni Prodo, Winongan Kidul dan Bandaran.

Bukan hanya lumpur, banjir ini juga membawa pohon tumbang dan bambu sehingga membuat satu jembatan di Desa Prodo bergeser dan rusak. Melihat kejadian itu, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Winongan secara sigap membagikan bantuan berupa Nasi Bungkus ke daerah terdampak paling parah di Dusun Jetis Desa Prodo. sebanyak 110 nasi bungkus dibagikan kepada warga banjir sekaligus melakukan assessment kebencanaan.

Menurut Ketua PAC GP Ansor Winongan, Sahabat Eko Kurnia Setiawan, Bantuan Nasi Bungkus ini merupakan swadaya dari anggota Ansor Winongan yang sudah siap apa bila ada bencana Banjir melanda. ” Kami bagikan Nasi bungkus ini sambil membantu evakuasi warga dan melakukan Assessment kebencanaan karena ini banjir ini hampir menjadi langganan di Kawasan Winongan.” Ujar Sahabat Eko.

Sahabat Eko juga menuturkan bahwa nantinya pasca banjir bandang ini pasukan Banser Winongan akan dikerahkan untuk melakukan kerja bakti.” insya Allah besok kami akan melakukan kerja bakti membersihkan ranting2 pohon yang menyangkut di jembatan dan pembersihan di beberapa rumah warga.” tambah sahabat Eko.

Banjir kali ini memang tidak cukup besar namun membawa dampak kerusakan yang signifikan karena membawa potongan pohon yang cukup besar dan lumpur yang banyak. Dari data Assessment sementara daerah terdampak paling parah yakni Dusun Jetis Desa Prodo sebanyak 132 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk ┬▒400 orang. Adapun yang mengungsi terdiri perempuan, anak┬▓ berjumlah 65 orang dan lansia 40 orang.